WELCOME

Selasa, 11 Agustus 2015

Gallow, Hutan Tergelap se-Dunia Memang Bikin Galau

Langit malam Gallow Forest Park (Sumber: gallowayforestpark.com)

Sunset di Gallow Forest Park (Sumber: gallowayforestpark.com)

Di Inggris, ada sebuah hutan yang dinyatakan sebagai tempat paling gelap di dunia, Gallow Forest Park. Berani datang? Anda dijamin galau dengan suasana gelap dan jutaan bintang temaram.

Gallow Forest Park berada di 26 Main Street, St Johns Town of Dalry, Caste Douglas, Skotlandia, Britania Raya. Hutan ini diklaim sebagai daratan tergelap di dunia. Pengakuan ini diberikan oleh The International Dark Sky Association (IDA).

Dari situs gallowayforestpark.com, yang dikunjungi detikTravel, Jumat (27/1/2012), diketahui kalau letaknya yang terpencil menyebabkan Gallow Forest Park sangat gelap. Setelah matahari terbenam, kawasan ini akan menjadi gelap dan langit terlihat begitu terang.

Gallow Forest Park ini memiliki skala kegelapan Bortle 2. Skala Bortle adalah perhitungan yang digunakan untuk mengukur kegelapan langit malam berdasarkan perhitungan daya pengamatan benda-benda langit atau objek astronomi. Besar skala yang digunakan berkisar 1-9. Langit yang termasuk skala 1 berarti memiliki kegelapan langit yang paling sempurna, dan benda-benda langit pun bisa terlihat jelas dengan mata telanjang.

Semakin tinggi skalanya, benda-benda langit semakin sulit dilihat dengan mata telanjang. Nah, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan IDA, Gallow Forest Park memiliki skala Bortle 2. Ini berarti Anda bisa melihat langit gelap sempurna dengan bintang yang bertaburan, bila berada di sini. Udara yang dingin dan harum pepohonan di hutan semakin memperindah suasana.

Gallow Forest Park bisa dikunjungi kapan saja. Jika ingin menikmati malam tergelap sambil menyaksikan benda-benda langit yang indah, Anda bisa datang dan menginap. Di sekitar taman ini juga disediakan penginapan untuk Anda yang akan bermalam. Salah satunya adalah Parton Gallery B&B/Self Catering. Lokasi tepatnya ada di Parton, Castle Douglas. Untuk satu malam, Anda harus membayar £65.00 atau senilai dengan Rp 763.000.

source  http://travel.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar